Rabu, 18 Oktober 2017

Supply Chain Management 


Supply Chain adalah suatu proses-proses yang terjadi dalam tahapan rantai pasok untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas suatu produk. Supply Chain Management  ini mengintegrasikan secara efisien antara pemasok, perusahaan manufaktur, pergudangan, dan toko, sehingga barang yang diproduksi dan didistribusi dengan kualitas yang tepat, jumlah yang tepat, lokasi yang tepat, dan waktu yang tepat, untuk meminimumkan biaya-biaya pada kondisi yang memuaskan kebutuhan tingkat pelayanan. 


Hal-hal yang dikelola dalam supply chain yaitu:


  • Aliran barang dari hulu ke hilir yaitu bahan baku yang dikirim dari supplier ke pabrik, setelah produksi selesai barang dikirim ke distributor, pengecer, kemudian ke customer.
  • Aliran uang dan sejenisnya yang mengalir dari hilir ke hulu.
  • Aliran informasi yang bisa terjadi dari hulu ke hilir ataupun sebaliknya dari hilir ke hulu.


Komponen Supply Chain


  • Upstream Supply Chain (Hulu)


               Bagian ini mencakup supplier first-tier suppliernya (memasok bahan baku yang bahan bakunya tidak diproses)

  • Internal Supply Chain


              Bagian ini mencakup semua proses yang digunakan oleh organisasi dalam mengubah input yang dikirim oleh supplier menjadi output, mulai dari waktu material tersebut masuk pada perusahaan sampai pada produk tersebut didistribusikan diluar perusahaan tersebut

  • Downstream Supply Chain (Hilir)


              Bagian ini mencakup semua proses yang terlibat dalam pengiriman produk pada customer akhir.



Area cakupan SCM


  • Merancang produk baru: melakukan riset pasar, melibatkan supplier dalam merancang produk baru.
  • Mendapatkan bahan baku : Memilih supplier mengevakuasi kinerja supplier, melakukan pembelian bahan baku dan komponen, memonitor supply risk, membina dan memelihara hubungan dengan supplier.
  • Merencanakan produksi dan persediaan : peramalan permintaan perencanaan kapasitas, perencanaan produksi dan persediaan.
  • Melakukan produksi : pengendalian kualitas.
  • Melakukan pengiriman : penjadwalan pengiriman, mencari dan memelihara hubungan dengan perisahaan jasa pengiriman, memonitor service level di setiap pusat distribusi.

Tujuan Utama SCM


  • Penyerahan/ pengiriman produk secara tepat waktu demi memuaskan konsumen.
  • Mengurangi biaya.
  • Meningkatkan segala hasil dari supply chain.
  • Mengurangi waktu.
  • Memusatkan kegiatan perencanaan dan distribusi.


SEKIAN DAN TERIMA KASIH


1 komentar: